Perkabelan Rumah | Wiring Rumah

Perkabelan dalam rumah adalah hal penting yang mendasar dalam membangun rumah. Tidak selalu semuanya dikerjakan oleh orang lain kadang harus kita sendiri yang turun tangan memperbaiki sendiri.

Berikut ini beberapa tips Wiring (perkabelan) rumah.

  1. Tukang listrik adalah yang paling berperan dalam listrik ini. Sebaiknya diskusikan dahulu tentang penempatan lampu dan saklar yang akan dipasang, apabila Anda tidak mengerti tidak ada salahnya bertanya.
  2. Hal penting lain adalah central point atau pusat perkabelan tempat semua kabel berawal. Pastikan mudah dilihat dan mudah diperbaiki.
  3. Gunakan kode warna dalam pemasangan kabel, supaya kita bisa tahu kabel tersebut terpasang kemana dan untuk apa.
  4. Pastikan pula di tiap kamar ada soket (colokan listrik) dan usahakan jauh dari jangkauan anak-anak atau yang memiliki penutup. Ini untuk memastikan keamanan untukĀ  yang punya anak kecil. Kalau butuh socket telpon juga bisa dipasang di tiap kamar.
  5. Buat gambar perkabelan jika perlu.
  6. Penarikan kabel hendaknya diperhatikan mengikuti lekuk garis sudut tembok, supaya kabel tidak saling silang dan tampak seperti jejak Spiderman.

Meskipun terlihat banyak yang harus kita kerjakan. Akan tetapi akan benar-benar menghemat waktu anda di kemudian hari untuk maintenance.

This entry was posted in Artikel Rumah, Tips Seputar Rumah and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Perkabelan Rumah | Wiring Rumah

  1. kprjogja says:

    thanks bagi2 ilmunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>