Hemat Listrik, Terang Tanpa Lampu

Listrik tak salah lagi bisa menjadi pengeluaran yang cukup besar apalagi bagi Anda yang serba elektronik, TV, AC, Pompa Air, Kulkas dan mesin Cuci menjadi pemakaian rutin setiap hari, jangan heran jika pengeluaran listrik menjadi sangat besar.

Untuk sekedar mengurangi penggunaan listrik dengan tips sederhana dan bisa diaplikasikan oleh semua.

Terang tanpa lampu
Di siang hari seharusnya sudah cukup dengan sinar matahari yang menjadi penerangan rumah Anda, bisa kita perbesar bukaan jendela dengan kaca yang lebih tembus cahaya. Untuk yang memiliki rumah pojok (rumah hoek) posisi yang bagus untuk mendapatkan sinar matahari lebih banyak dari yang lainnya.

Cara kedua adalah dengan cara menggunakan genteng kaca di kamar atau ruangan yang penuh dengan kegiatan kita sehari2 seperti dapur. Buat saja pemasangan genteng kaca di ruangan tersebut dengan melubangi Plafon rumah tentunya dan melapisi bagian terbuka di sampingnya dengan triplex putih agar bisa memantulkan cahaya secara maksimal. Ruangan pun terang tanpa lampu.

Hemat Listrik dengan Penampungan air.
Membuat penampungan air sebelum dialirkan ke kran air, ini bisa meminimalkan penggunaan listrik daripada setiap kali kita ingin menggunakan air menyalakan pompa air yang menggunakan tidak sedikit listrik. Penampungan ini juga berguna untuk cadangan air kalau-kalau ada pemadaman listrik bergilir(atau penyalaan bergilir)..

Mendinginkan Rumah Tanpa AC.
Mendinginkan rumah tanpa AC bisa saja dilakukan dengan cara mengatur sirkulasi udara lebih banyak, atau menahan panas lebih lama di luar supaya tidak masuk ke ruangan rumah bisa dilakukan dengan cara melapisi dinding dengan batu alam.

Sirkulasi udara yang baik minimal memenuhi syarat tempat udara keluar dan masuk, juga aliran udara ke atas. Oke tapi ada sedikit kelemahan untuk sirkulasi udara biasanya debu dan serangga ikut masuk juga. banyaknya debu bisa di kurangi dengan menanam pohon disekitar rumah. Tapi jika tidak memungkinkan bisa menggunakan AC yang di sesuaikan dengan kebutuhan lihat di sini cara menghitung PK AC

Mudah-mudahan bermanfaat.

This entry was posted in Artikel Rumah, Tips Seputar Rumah and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>